4 Cara Menghilangkan Virus pada Komputer Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan Cara Menghilangkan Virus pada Komputer Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

4 Cara Menghilangkan Virus pada Komputer Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

by : Aditya Y Pradhana

Virus atau malware sering kali menjadi sumber masalah pada sebuah perangkat, termasuk laptop. Biasanya, virus atau malware akan masuk melalui file download ataupun transfer data menggunakan perangkat seperti flashdisk dan masih banyak lainnya.

Terlepas dari penyebabnya yang begitu beragam, cara menghilangkan virus di laptop ternyata cukup mudah.

Rangkaian Cara Menghilangkan Virus dan Malware di Laptop

Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan virus di laptop yang bisa Anda coba.

Menggunakan Windows Defender

Jika Anda tidak memiliki software antivirus, maka Windows Defender bisa jadi solusi yang tepat. Software bawaan pada perangkat dengan OS Windows ini bukan hanya bisa mencegah serangan virus, namun juga membersihkan virus maupun malware pada perangkat.

Untuk mengakses Windows Defender, Anda bisa langsung ketik Windows Defender pada search bar. Kemudian klik Open Windows Defender Security Center -> Virus & threat protection -> Advanced Scan.

Menggunakan Aplikasi Antivirus

Sebenarnya, aplikasi ini wajib dimiliki oleh setiap perangkat. Peran dan fungsinya yang sangat krusial seakan memaksa pengguna laptop agar menginstall aplikasi antivirus.

Setelah Anda menginstall salah satu aplikasi antivirus terbaik, selanjutnya lakukan scanning. Umumnya proses scanning virus dan malware akan berjalan sekitar 15 menit, dan perangkat Anda kini bebas dari virus maupun malware.

Hapus Temporary Files

Langkah bisa bisa Anda lakukan sebelum atau sesudah scanning menggunakan software antivirus. Tujuannya adalah, agar disk space lebih ringan sehingga proses scanning bisa lebih cepat.

Untuk menghapus temporary files, Anda bisa memanfaatkan fitur Disk Cleanup. Kemudian pilih drive mana yang ingin dibersihkan, misalnya drive C.

Reset Browser

Seperti yang Anda ketahui, serangan virus dan malware ini bisa datang saat Anda mengakses situs terlarang atau download file dari sumber tidak dikenal.

Nah, cara menghilangkan virus di laptop akibat file download tersebut bisa dilakukan dengan mereset browser. Jika Anda menggunakan browse Google Chrome, ikuti langkah berikut:

  1. Buka browser kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Pilih Settings, scroll ke bawah dan pilih Advanced.
  3. Klik Reset and clean up kemudian klik Clean up computer.
  4. Klik tombol Find, tunggu hingga proses selesai.
  5. Jika didapati malware berbahaya, klik Remove.
  6. Selesai

Beberapa cara menghilangkan virus di laptop tersebut bisa Anda coba secara urut, hingga perangkat terbebas dari virus maupun malware berbahaya.

windows defender cara menghapus virus membasmi virus tanpa antivirus Menghilangkan Virus Menghilangkan Virus

Latest Posts: