5G Sudah Masuk Indonesia, Lalu Apa Saja Keuntungannya? 5G Sudah Masuk Indonesia

5G Sudah Masuk Indonesia, Lalu Apa Saja Keuntungannya?

by : Aditya Y Pradhana

Saat ini kita sudah masuk di era 5G, wow beberapa tahun lalu kita berharap agar teknologi 5G bisa memasuki jaringan internet Indonesia, ternyata apa yang kita tunggu-tunggu akhirnya bisa terwujud. Akhirnya, membuat kita masih kurang paham tentang apa sih yang berubah.

Setelah di rilis oleh Telkomsel, membuat beberapa pihak masih kurang paham akan hal tersebut. Maka dari itu, perlu banyak hal yang mengedukasi agar orang bisa mengerti tentang kehadiran teknologi yang satu ini.

Tapi, untuk saat ini penyebaran teknologi 5G belum bisa merata di seluruh wilayah Indonesia, tapi para produsen HP sudah pada berlomba lomba menarik perhatian konsumen dengan teknologi 5G tersebut.

Jadi, sebentar lagi di beberapa daerah atau diseluruh wilayah, kita akan menikmati teknologi yang satu ini. Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih mendalam, mari kita cari tau dulu defenisi mendasar dari 5G.

5G adalah sebuah jaringan seluler, seperti namanya 5, berarti sudah generasi ke-5 yang memberi kecepatan internet dengan kualitas yang lebih baik tentunya dari generasi sebelumnya (4G).

Jaringan ini menjanjikan kecepatan yang bisa setara dengan jaringan Wi-Fi, hebat kan.

Namun, ia mengandalkan sebuah teknologi transmisi yang baru, misalkan antena array MIMO, juga generasi operator yang berguna dalam meningkatkan kecepatan, dibanding kecepayan yang ditawarkan dari jaringan 4G LTE.

Dengan bandwitdth yang tinggi dan juga memiliki spektrum gelombang milimeter dari jaringan 5G ini. Ada juga gelombang radio yang mempunyai panjang gelombang yang memiliki antara satu hingga sepuluh milimeter, kembali lagi kalau dia menawarkan bandwidth yang lebih baik untuk kecepatan 5G.

Indonesia memasuki era 5G yang menjanjikan jaringan internet super cepat. Kementerian kominfo berupaya menerapkan jaringan 5g di Indonesia setelah mengantongi surat keterangan operasi dari kemenkominfo.

Telkomsel resmi jadi operator seluler pertama yang menggelar layanan Richie Five merupakan generasi kelima dari layanan teknologi komunikasi yang punya kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya, yaitu Forge jaringan 5G mampu melakukan download dengan kecepatan hingga 20 GB per sekon ini 20 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Yang kecepatan unduhnya mentok di angka 1 GB second untuk mendownload film tiga dimensi Butuh waktu enam menit pada jaringan 4G, sedangkan Dengan 5G hanya butuh waktu sekitar tiga puluh detik.

Namun, tidak sekadar internet super ngebut. Manfaat juga bisa diterapkan untuk berbagai kebutuhan, kita bisa liat salah satu contoh kecanggihan dari teknologi ini adalah pemanfaatan telehealth atau layanan kesehatan secara jarak jauh.

Nantinya dokter bisa mengoperasi pasien yang jaraknya jauh dengan menggunakan robot yang terkoneksi jaringan 5G juga bisa dimanfaatkan untuk perkembangan teknologi virtual reality di dunia pendidikan maupun hiburan di ranah industri.

Penggunaan 5G bisa mencakup pengawasan Real Time menggunakan Drone ML kendaraan berat secara online, hingga pemosisian dan pelacakan mobil-mobil otonom yang dikendalikan secara remote.

Sempat diperkenalkan di Indonesia saat Asian Games 2018 digelar di GBK Jakarta. Bis tanpa satu ini menggunakan metode remote Driving dengan koneksi 5G dimana Bis tersebut bisa dikendalikan dari jarak jauh secara real-time.

Jadi, kapan Fauzi bisa dinikmati di Indonesia? Menteri kominfo Johnny G plate menyatakan dan VCD dari Telkomsel bisa mulai dinikmati pada 27 Mei mendatang secara terbatas dan bertahap.

Dimulai dari enam lokasi di area Jabodetabek yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, TK BSD Widya Chandra dan Alam Sutera. Lalu untuk kota lainnya akan menyusul, yakni Surabaya, Solo, Balikpapan, Makassar, Bandung, Denpasar dan batam-medan.

5g jaringan 5g koneksi 5g teknologi 5G Telkomsel bandwitdth 5g Richie Five operator seluler pertama 5g

Related

Latest Posts: