6 Tips Cara Merawat Laptop Baru 6 Tips Cara Merawat Laptop Baru

6 Tips Cara Merawat Laptop Baru

by : Aditya Y Pradhana

Pada dasarnya, setiap perangkat elektronik membutuhkan perawatan intens. Termasuk laptop, meski pun Anda memiliki perangkat dengan harga tinggi, namun tanpa perawatan yang tepat maka perangkat tersebut akan cepat rusak.

Nah, untuk merawat laptop baru agar tetap awet, ada beberapa tips sederhana yang harus Anda aplikasikan.

Cara Merawat Laptop Baru

Sebenarnya, tips merawat laptop baru berikut ini bukan hanya bisa diaplikasikan pada perangkat yang masih baru saja, namun juga laptop lawas agar lebih awet.

Rutin Membersihkan Laptop

Terkadang, kerusakan laptop terjadi akibat Anda kurang menjaga kebersihkan perangkat. Misalnya, tumpukan debu pada sela-sela keyboard dapat menyebabkan kerusakan pada bagian ini.

Sementara untuk pembersihan bagian dalam laptop, bisa Anda lakukan secara berkala dan lakukan dengan penuh kehati-hatian.

Selalu Perbarui Sistem Operasi

Ketika Anda jarang melakukan update system operasi, beberapa masalah sangat rentan terjadi. Hal ini karena perangkat tidak mendapat pembaruan yang dapat mendukung kinerja laptop.

Jangan Lupa Install Aplikasi Antivirus

Selain Microsoft Office dan software yang berguna untuk menunjang aktivitas Anda lainnya, jangan lupa untuk install aplikasi antivirus.

Jika Anda tidak memiliki budget lebih, tak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia banyak software antivirus gratis yang menawarkan fitur dan proteksi terbaik.

Perawatan Baterai

Baterai menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dengan baik. Nah, salah satu tips merawat laptop baru adalah dengan mengurangi kecerahan layar serta memanfaatkan fitur Sleep atau Hibernete. Tujuannya yaitu, agar daya baterai bisa lebih awet.

Hindari juga daya baterai habis hingga 0%, dan usahakan untuk mencharger laptop saat indikasi baterai sudah kuning.

Aktifikan Backup Otomatis

Agar seluruh file pada laptop Anda tersimpan dengan aman, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur backup otomatis.

Pada OS Windows, fitur ini disebut dengan Recovery Drive Creator atau System Restore. Sementara pada MAC disebut Time Machine.

Jangan Biarkan Laptop Terlalu Panas

Ada beberapa faktor yang dapat membuat perangkat menjadi panas, seperti menggunakan laptop di atas kasur/permukaan yang empuk, menggunakannya terlalu lama dan lain sebagainya.

Nah, jika laptop sudah mulai terasa panas, sebaiknya matikan laptop terlebih dahulu dan aktifkan kembali setelah beberapa saat.

Enam tips merawat laptop baru di atas bisa Anda aplikasi agar masa pakai perangkat lebih lama.

Cara Merawat Laptop Merawat Laptop Merawat Laptop Baru Perawatan Baterai laptop

Latest Posts: