Awas Kena Hack! Berikut 5 Cara Melindungi WA dari Serangan Hacker Hack Whatsapp

Awas Kena Hack! Berikut 5 Cara Melindungi WA dari Serangan Hacker

by : Aditya Y Pradhana

Memiliki jutaan user membuat WhatsApp menjadi sasaran empuk bagi para hacker di seluruh dunia. Tujuannya tidak lain adalah untuk membobol keuangan Anda. Pada umumnya, orang mendaftarkan nomor utama mereka untuk verifikasi akun di aplikasi ini. Karena itulah, penting bagi kamu untuk mengetahui cara melindungi WA dari hacker untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Aksi hacking ini bukanlah kejadian baru kemarin. Sudah banyak yang merugi akibat peretasan ini, baik dari keuangan maupun identitas.

Setiap pengguna, termasuk Anda, memiliki peluang yang sama untuk dihack. Walaupun nomor yang digunakan untuk setiap akun bank berbeda dengan nomor WA, namun akan sulit menanganinya ketika hacker berhasil memasuki sistem ponsel Anda. Sebelum hal buruk itu terjadi, baca informasi ini hingga akhir.

Cara Melindungi WA dari Hacker

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi akun WA dari hacker, seperti:

Aktifkan Two-Step Verification

Setidakpenting apa pun isi ponsel Anda, Two Step Verification harus tetap diaktifkan. Fitur verifikasi dua langkah ini akan menjaga keamanan akun WhatsApp Anda.

Caranya mudah, pertama klik bagian pengaturan. Pilih Account, lalu klik menu Two-step Verification. Aktifkan dengan klik tulisan Enable. Buat PIN 6 digit secara acak.

Tautkan Email Recovery

Setelah mengaktifkan verfikasi di atas, tautkan email. Akun WhatsApp akan lebih aman jika sudah terintegrasi dengan email. Jika lupa atau ingin mengganti PIN, pihak WA akan mengirimkannya melalui surel tersebut.

Tidak Sembarangan Memberikan Kode OTP

OTP merupakan singkatan One-Time-Password yang berisi angka acak. Demi keamanan, sistem ini dirancang untuk sekali pakai saja. Maka dari itu, jangan pernah membagikan nomor ini kepada siapa pun.

Ganti Password Email Secara Berkala

Karena email dan nomor WhatsApp saling bertaut, lindungi email dengan sering mengganti kata sandi. Disarankan untuk tidak menggunakan nomor rumah atau tanggal lahir. Pantau segera aktivitas browsing email jika ada yang mengganjal.

Tidak Sembarangan Download Aplikasi

Gunakanlah aplikasi yang sudah tersedia secara resmi di store OS smartphone Anda, seperti App Store dan Play Store. Mengunduh file dari sembarang sumber bisa membawa virus tertentu yang membantu hacker melakukan pengintaian dari dalam sistem.

Ajarkan orang-orang terdekat tentang cara melindungi WA dari hacker di atas untuk meminimalisir kejadian penipuan lewat WhatsApp.

peretasas whatsapp cara hack whatsapp serangan hacker hack wa hack whatsapp cara hack whatsapp cara menyadap whatsapp

Latest Posts: