Deretan Perusahaan Milik Elon Musk Deretan Perusahaan Milik Elon Musk

Deretan Perusahaan Milik Elon Musk

by : Aditya Y Pradhana

Elon Musk adalah salah satu dari jajaran miliuner yang tersohor di belahan dunia. Bagaimana tidak, pasalnya ayah dengan tujuh anak tersebut mempunyai pengaruh yang terbilang besar terlebih dalam bidang teknologi. Bahkan Elon musk bukan sekedar menduduki sebuah jabatan paling tinggi pada sebuah perusahaan. Pasalnya ia merupakan perintis dari suatu usaha besar tersebut. Bahkan perusahaan milik Elon Musk bukan satu saja melainkan cukup banyak.

Bahkan terhitung jumlah perusahaan Elon Musk total hingga delapan perusahaan. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di bidang yang berbeda-beda. Bahkan masing-masing perusahaan Elon Musk berhasil meluncurkan produk yang terbilang sukses di masyarakat. Bukan hanya itu produk besutan perusahaan Elon Musk tergolong laris di pasaran dan sukses menjadi pembicaraan di tengah masyarakat dunia.

Perusahaan Tesla Inc

Perusahaan milik Elon Musk pertama ada Tesla Inc yang sebelumnya memiliki nama Tesla Motors, Inc. Perusahaan tersebut berdiri pertama kali tahun 2003 silam. Elon Musk memegang jabatan selaku CEO sejak dahulu hingga saat ini. Tesla Inc memproduksi mobil bertenaga listrik memakai batu baterai yang bisa pengendara isi ulang ketika energinya telah habis. Sudah berbagai jenis mobil listrik yang menjadi hasil produksi perusahaan Tesla Inc.

Perusahaan SpaceX

Nama perusahaan Elon Musk berikutnya adalah SpaceX. Adapun SpaceX merupakan perusahaan yang berherak di bidang transportasi untuk luar angkasa. Elon Musk mendirikan perusahaan SpaceX tepat tahun 2002 lalu. Tujuannya mendirikan SpaceX yakni mengurangi beban transportasi menuju luar angkasa. Selain itu bertujuan mengamati jika terdapat kemungkinan seseorang tinggal di area Planet Mars.

Bentuk transportasi yang sudah perusahaan SpaceX produksi antara lain pesawat luar angkasa bernama Dragon serta roket. Di tahun 2020 lalu, SpaceX baru merayakan peluncuran kendaraan roket yang ke seratus. Perayaan ini sekaligus jadi sejarah baru sebab satu roket orbital bisa digunakan lagi hingga enam kali banyaknya. Dalam jangka waktu panjang, Elon berencana memakai SpaceX sebagai alat transportasi mengangkut minimal 1 juta orang ke planet Mars.

Perusahaan Paypal

Sebelum mendirikan Paypal, Elon Musk telah terlebih dahulu membentuk X.com di tahun 1999 silam. Perusahaan X.com adalah bank yang memberikan dukungan transaksi secara daring. Akan tetapi di tahun 2000 silam, Elon merasa tertarik terhadap Confinity lalu mengakuisisinya sebab sistem dalam pembayarannya ia anggap lebih mudah.

Tepat di bulan Oktober tahun 2000 silam, kegiatan operasional perusahaan milik Elon Musk yang bernama X.com ia hentikan. Pasalnya Elon Musk ingin berfokus mengembangkan layanan bernama Paypal. Sayangnya perjalanan layanan Paypal di tangan Elon tidak bertahan lama sebab perusahaan ini pada akhirnya eBay akuisisi di tahun 2002 silam.

Perusahaan Zip2

Perusahaan bernama Zip2 ini merupakan usaha pertama yang berhasil Elon Musk dirikan tepatnya di tahun 1995 silam. Tak hanya sendiri, Elon Musk mendirikan Zip2 sekaligus menjadi pengelola perusahaan dengan saudara kandungnya yang bernama Kimbal Musk. Zip2 bergerak dalam bidang penyediaan serta pelisensian pada perangkat lunak kota daring menuju surat kabar.

Akan tetapi perjalanan perusahaan Zip2 di tangan Elon bersama sang saudara rupanya harus terhenti. Sebab pada akhirnya mereka menjual Zip2 ke perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak bernama Compaq Computer Corporation di tahun 1999 silam dengan harga US$ 307 juta. Pembayaran berlangsung secara tunai serta sebesar US$ 34 juta berbentuk saham.

Deretan perusahaan Elon Musk ini menjadi cermin perjalanan karir sang miliuner.

Perusahaan Milik Elon Musk Tesla paypal zip2 spacex Elon Musk kekayaan elon musk Compaq Computer x.com mobil bertenaga listrik planet mars

Related

Latest Posts: