Membuat Python Virtual Environment Membuat Python Virtual Environment

Membuat Python Virtual Environment

by : Aditya Y Pradhana

Pada saat kita bekerja menggunakan modul tambahan kita perlu menjaga agar modul tersebut tidak saling tersedia antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya, apalagi tersedia secara global (seluruh system) dikarenakan resiko keamanan terhadap modul yang kita install. Maka dari itu kita memerlukan Virtual Environment atau lingkungan kerja virtual yang dapat mengisolasi modul yang ter-install tersebut, ini diperlukan agar aplikasi yang dibuat hanya menggunakan modul-modul yang diperlukan saja, tidak mengikutsertakan seluruh modul yang tidak kita inginkan.

Virtual Environment merupakan salah satu alat bantu yang penting didalam pembuatan aplikasi Python.

Kenapa Kita Memerlukan Virtual Environment

Bayangkan ketika kita memiliki skenario sedang membuat atau bekerja pada dua buah project python, misalnya satu project menggunakan framework Django dan yang satunya menggunakan framework Flask. Dalam hal ini Virtual Environment dapat bekerja untuk memisah atau mengisolasi dependensi modul antara keduanya, sehingga project yang menggunakan Flask tidak ter-install modul dari Django dan sebaliknya Project dengan framework Django tidak ter-install modul-modul dari framework Flask.

Bagaimana Virtual Environtment Bekerja

Virtual Environment menggunakan modul bernama virtualenv yang akan membantu untuk membuat sebuah folder Python Environtment yang terisolasi. Didalamnya terdapat semua file executable yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Python yang kita buat, termasuk jika kita meng-instal modul-modul yang diperlukan didalam sebuah project akan berada disana.

Install Virtual Environment

Setelah kita meng-install python interpreter biasanya telah tersedia modul pip, dimana modul pipini digunakan untuk meng-install dan mengelola paket yang diperlukan oleh aplikasi python. Modul pip ini terkoneksi dengan online repository yang public. Biasa disebut dengan Python Package Index.

pip install virtualenv

Setelah virtualenv modul telah terinstall, untuk mengetestnya kalian bisa menggunakan perintah

virtualenv --version

Disini akan berisikan informasi versi dan lokasi dari modul virtualenv

Virtualenv versionVirtualenv version

Menggunakan Virtual Environment

Sebelum kita mengerjakan sebuah project biasanya kita menentukan dulu folder untuk project python yang kita buat, dan biasanya folder virtualenv berada dialamnya. Untuk membuat Virtual Environtment dapat menggunakan perintah sebagai berikut

#virtualenv nama_folder_virtual_env
virtualenv .venv
# atau
python -m venv .venv

Perintah diatas akan membuat folder bernama .venv. Didalamnya berisi semua file eksekusi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi python yang telah kita buat, didalam folder ini juga semua modul atau python packages akan ter-install.

create virtual envcreate virtual env

Mengaktifkan Virtual Environment

Sebelum kita menggunakan virtual environment untuk mengeksekusi script python yang telah kita buat, kita harus mengaktifkan terlebih dahulu virtual environment dari folder tersebut.

# Untuk sistem operasi Windows
 .\.venv\Scripts\activate

# Untuk system operasi linux
source .venv/bin/activate

Ada perbedaan path folder untuk aktivasi virtual environment di sistem operasi Windows dan Linux, pastikan kita telah menyesuaikan perintah aktivasi untuk sistem operasi yang kita gunakan.

activate virtualenv in windowsactivate virtualenv in windows

Setelah virtual environtment di aktifkan, pada terminal paling sebelag kiri akan ada tambahan (nama_folder_virtual_environment) dimana menandakan path eksekusi python dilakukan. Jika kita gunakan perintah pip --version akan tampil path folder dari virtual environment tempat kita menjalankan modul pip

pip --versionpip --version

Disini artinya virtual environment sudah aktif, kita sudah bisa menjalakan script python ataupun meng-install modul atau package yang dipelukan oleh aplikasi yang kita buat. Misal disini kita akan menambahkan modul requests yang biasa kita gunakan untuk melakukan request ke url tertentu.

pip install requests
install requests moduleinstall requests module

Menonaktifkan Virtual Environment

Setelah bekerja dengan project agar bisa beralih ke project lainnya kita harus menonaktifkan virtual environment project kita terlebih dahulu dengan perintah deactivate. perintah ini tidak ada perbedaan antara sistem operasi windows maupun linux.

deactivate
deactivate virtual environmentdeactivate virtual environment

Sekarang kalian sudah keluar dari virtual environment yang ditandai dengan menghilangnya nama folder virtual environment (.venv) di awal perintah terminal.

Python Package Index Virtual Environment Install Virtual Environment Membuat Python Virtual Environment Virtual Environment python Virtual Environment python belajar python pemrograman python modul python python pip Menggunakan Virtual Environment virtual environtment di windows virtual environtment di linux Virtual Environment adalah

Related

Latest Posts: