Membuat Schedule pada Mikrotik Mikrotik Scheduller

Membuat Schedule pada Mikrotik

by : Aditya Y Pradhana

Scheduler pada mikrotik merupakan salah satu cara efektif untuk menjalankan sebuah aksi didalam mikrotik secara terjadwal. Misalnya kita akan mengaktifkan script yang terdaftar didalam mikrotik pada saat waktu tertentu dan juga kondisi tertentu.

Contoh paling sederhana yang paling sering kita gunakan adalah menjalankan script auto login wms dimana pada saat-saat tertentu koneksi bisa saja terputus dan memerlukan koneksi ulang kembali.

Baca Juga : Auto Login WMS Venue (Update 1 Juni 2021)

Membuat Schedule

Untuk membuat schedule pada mikrotik klik pada menu System lalu pilih Scheduler.

System -> ScheduleSystem -> Schedule

Selanjutnya isikan Name dari schedule, Start Date, Start Time, dan juga Interval dari schedule ini dijalankan. Misalnya schedule ini akan berjalan setiap menit, atau setiap jam, hari dan sebagainya

ScheduleSchedule

Pada schedule ini saya jalankan interval setiap 1 menit, karena ini adalah schedule untuk mengkoneksikan ulang ketika koneksi dari wms terputus. Logika script nya adalah kita lakukan ping ke dns google alamat 8.8.8.8 sebanyak 5 kali, jika ping sebanyak 5 (lima) kali tersebut gagal maka script akan melakukan reconnect ke wms untuk mendapatkan ip dhcp client terbaru :ip dhcp-client renew [:ip dhcp-client find interface=wlan1];, lalu menjalankan script auto login (nama script auto login saya beri nama "Baru")  :system script run Baru; .

:if ([:ping 8.8.8.8 count=5]=0) do={
    :ip dhcp-client renew [:ip dhcp-client find interface=wlan1];
    delay 10s
    :system script run Baru;
}

delay 10s adalah waktu tunggu sebelum script sebelumnya dijalankan, disini saya setting 10 detik agar ip dhcp client sudah terpasang di mikrotik.

Selanjutnya kita tambahkan kembali kondisi pada script jika ping ke dns google sebanyak 5 kali berhasil (reply) sebanyak 5 kali makan kita tampilkan pada log :log info "Koneksi Aman"

:if ([:ping 8.8.8.8 count=5]=5) do={
  :log info "Koneksi Aman"
}

Setelah selesai simpan dan kalian bisa pantau pada log untuk memastikan scedule yang kita buat telah berhasil dijalankan secara otomatis pada interval tertentu.

Jika koneksi masih aman schedule akan menampilkan log seperti pada gambar dibawah ini.

Koneksi AmanKoneksi Aman

Jika koneksi terputus maka akan tampil pada log seperti pada gambar dibawah ini.

Scheduler auto login wmsScheduler auto login wms
auto login wifi id mikrotik schedule terjadwal script mikrotik

Related

Latest Posts: