Mengenali Penyebab Laptop Lemot dan Ngelag Mengenali Penyebab Laptop Lemot dan Ngelag

Mengenali Penyebab Laptop Lemot dan Ngelag

by : Aditya Y Pradhana

Laptop lemot memang sebuah hal menyebalkan untuk kita, karena tentu itu dapat menghambat pekerjaan dan akan menghabiskan waktu. Meskipun ada banyak penjelasan mengenai cara untuk mengatasi laptop lemot, namun hanya sedikit yang membahas penyebab kenapa laptop bisa lemot dan ngelag.

Kenapa laptop lemot??

Pertanyaan ini sering kali tidak terjawab dengan tuntas, padahal mengetahui penyebab laptop lemot menjadi hal yang penting. Agar dapat mengatasi laptop yang lemot pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan penyebab laptop lemot yang umum dan banyak di jumpai selama ini.

Secara umum saya membagi menjadi 2., Yaitu laptop lemot karena faktor Software dan laptop lemot karena faktor hardware.

Pertama, laptop lemot karena faktor software, ini biasanya terjadi karena adanya software yang tidak tepat dan setting yang tidak optimal.

Beberapa pengguna tidak tahu software yang diinstall di laptopnya, sehingga ada beberapa software yang sebenarnya tidak terpakai.

Tapi, servicesnya tetap berjalan di background, sehingga menambah beban laptop yang menyebabkan laptop lemot. Semakin banyak software yang terinstall, maka akan semakin banyak services yang berjalan.

Cara mengatasi laptop lemot yang disebabkan faktor software dapat dilakukan dalam beberapa tahap. Yang pertama,

  • Mematikan services yang berjalan di background.
  • Menguninstall software yang tidak digunakan.
  • Melakukan update software atau update driver.
  • Dan cara yang paling pamungkas adalah melakukan install ulang Operating systemnya.

Kedua, Laptop lemot karena faktor hardware.

Setidaknya ada 3 komponen hardware yaitu processor, kemudian memory data atau RAM dan hardisk yang berpengaruh terhadap kecepatan sebuah laptop.

Ketika komponen-komponen tersebut sudah underspecs atau misalnya sudah terlalu lama, maka ini juga bisa menyebabkan kemampuan laptop menurun dan laptop menjadi lemot.

Contohnya, kita punya laptop yang sudah dibeli 10 tahun yang lalu, meskipun secara operasional masih bisa, tetapi biasanya laptop dengan spesifikasi yang lama ini sudah ketinggalan spek ketika diinstall dengan software-software yang baru atau software-software yang terbaru.

Sehingga, sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan aplikasi yang terbaru, dan ini akan menyebabkan laptop ngelag atau laptop ngehang saat aplikasi dijalankan. Jadi, pada saat menginstall aplikasi atau software.

Sebaiknya temen-temen juga membaca minimum requirement atau standar requirementnya, jangan sampai temen-temen menginstall software yang terlalu tinggi, sedangkan laptopnya sebenarnya tidak mampu untuk dipasang software tersebut.

Faktor lainnya, karena terjadi kerusakan hardware, misalnya memorynya rusak atau hardisknya mengalami kerusakan. Bisa juga disebabkan oleh komponen atau part lain yang rusak yang juga bisa menyebabkan laptop menjadi lemot.

Cara mengatasi laptop lemot karena faktor hardware adalah dengan melakukan upgrade, apabila masih memungkinkan.

Misalnya, ketika laptopnya ketinggalan dari sisi memory. Kalian bisa menambahkan memory ke dalam laptop lama sehingga kapasitasnya akan naik. Conton lain, teman-teman melakukan penggantian hardisk menjadi ssd yang tentu saja ini sangat significant pengaruhnya terhadap kinerja laptop kamu.

Mengatasi laptop lemot karena faktor hardware cenderung memerlukan biaya, sedangkan mengatasi laptop lemot karena faktor software, tidak selalu mengeluarkan biaya. Kadang-kadang kamu dapat menyelesaikan masalahmu hanya dengan mengoptimalkan setting di software kamu.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyebab laptop lemot. Agar kamu bisa mengatasi hal tersebut, maka penting untuk kita mengobatinya. Semoga dapat memberikan pengetahuan dan manfaat. Khususnya bagi temen-temen yang masih awam dan masih pemula..

Kenapa laptop lemot Penyebab Laptop Lemot Ngelag processor RAM laptop lemot

Related

Latest Posts: