Pilih Django atau Flask Pilih Django atau Flask

Pilih Django atau Flask

by : Aditya Y Pradhana

Bagi temen-temen yang sedang mempelajari atau bekerja dengan bahasa pemrograman Python, sudah tidak asing lagi dengan web framework ini. Walaupun masih banyak lagi selain Django dan Flask yang bisa digunakan sebagai framework web development pada pemrograman Python, tapi kita ambil dua framework ini dulu supaya kita dapat dengan mudah melakukan komparasi nya.

Apa itu Django?

Django adalah full-stack dan web framework tingkat tinggi yang mendukung pengembangan secara cepat dan desain pragmatis yang bersih. Django dibuat oleh pengembang yang berpengalaman dimana dapat mengurangi kerumitan didalam pembuatan ataupun pengembangan aplikasi web, sehingga kalian dapat fokus menuliskan aplikasi tanpa harus membuat atau menemukan lagi berbagai fungsi yang diperlukan didalam membangun aplikasi web.

Apa itu Flask?

Flask adalah micro-web framework dimana fungsinya lebih sederhana dan simple dibandingkan dengan framework Django. Flask lebih terbuka dan leluasa didalam hal pengembangan dimana tidak terpaku dengan fungsi-fungsi pengembangan web yang telah tersedia pada web framework. Flask awalnya digunakan dengan dukungan depedensi Werkzeug dan Jinja, namun seiring berjalan nya waktu Flask menjadi web frameworj yang paling populer diantara aplikasi web framework Python lainnya.

Django VS Flask

Untuk mengkomparasikan antara dua framework web ini kita dapat sesuaikan dengan kebutuhan ataupun keperluan pengembangan web yang kita inginkan, diantaranya adalah:

  1. Django bertipe full-stack framework dimana flask mengkategorikan dirinya sebagai micro framework atau framework yang lebih kecil.
  2. Jika aplikasi yang dibangun memerlukan database seperti SQLite, PostgreSQL, MySQL, atau Oracle, kalian mungkin perlu memilih menggunakan Django. Di sisi lain jika aplikasi yang akan dibangun menggunakan database-database NoSQL atau tidak menggunakan database sama sekali lebih baik menggunakan Flask.
  3. Django menggunakan struktur project konvensional sedangkan dengan Flask kalian bisa menggunakan struktur yang kalian sukai walaupun pada saat ini sudah ada struktur atau pattern standar yang dapat kalian gunakan, sehingga developer lain dapat memudahkan pengembangan aplikasi lagi kedepannya.
  4. Flask memiliki kinerja yang lebih baik daripada Django ini dikarenakan Flask memiliki lebih sedikit modul dan layer-layer yang digunakan.

Daftar Perusahaan

Berikut adalah daftar perusahan besar yang menggunakan framework Django maupun Flask

Django

  1. Instagram
  2. Pinterest
  3. Udemy
  4. Coursera
  5. Zapier

Flask

  1. Netflix
  2. Lyft
  3. Reddit
  4. Zilow
  5. Mail Gun

Itulah perbandingan antara Django dan Flask, jadi kalian akan memilih menggunakan framework yang mana untuk aplikasi web yang kalian bangun?

Django VS Flask Apa itu Django Apa itu Flask python flask django

Related

Latest Posts: