Sejarah Singkat Android Menuju Kesusesannya Sejarah Singkat Android Menuju Kesusesannya

Sejarah Singkat Android Menuju Kesusesannya

by : Aditya Y Pradhana

Hampir seluruh kemudahan yang kita dapatkan hari ini adalah hasil kerja keras dari seseorang yang sangat jenius di masa lalu. Kalau kita liat sekian banyak ponsel yang sudah beredar, kita pasti tidak asing lagi dengan system operasi android.

Bahkan saat ini, android merupan produk unggulan yang digunakan oleh vendor-vendor ponsel papan atas dunia.

Android diciptakan oleh seseorang bernama Andy Rubin. Dia lahir di kota California Amerika serikat. Sejak kecil, memang Andy Rubin sangat tertarik dengan dunia teknologi dan juga digital, apalagi ayahnya dulu memang sudah punya usaha yang bergerak pada bidang elektronik, khusunya di produk kamera.

Jangan salah, karena Andy Rubin juga sudah pernah bekerja untuk sebuah perusahaan besar dari Steve Jobs yaitu perusahaan Apple, dan juga ia bekerja pada tahun 1989 hingga pada tahun 1992.

Pada perusahaan itu, membuat kemampuannya mulai terlihat dan juga terus berkembang. Ada hal unik tentang Andy Rubin. Ketika ia di Apple, dia sangat suka dengan robot. Sehingga, ini yang nantinya menjadi cikal bakal dari yang namanya Android.

Akhirnya di Oktober 2003, Andry Rubin dengan 3 rekannya mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Android Inc. Pada saat itu para pendirinya bercita-cita membuat system operasi pintar yang dikhususkan untuk kamera digital.

Ketika itu, Andy Rubin tidak dapat investor yang mau dan bisa untuk membiayai pengembangan Android. Karena, wajar saja, symbian Nokia dan Windows Phone nya microsoft saat itu masih merajai sistem operasi di ponsel-ponsel.

Walau ia mendapat uang 10 ribu dolar Amerika, tapi dia belum bisa melakukan banyak perubahan dengannya, sehingga tidak terlalu berkembang. Ia lebih berkembang, ketika di rekrut oleh google.

Yah, walau emang sudah diakusisi sama google, tapi tetap google memberi leluasa pada Andy Rubin agar bisa mengembangkan perusahaan android.

Ketika dirasa wujud android ini mulai terlihat. Kisahnya menjadi begitu sedih, pada saat itu, karena tidak ada yang tertarik untuk bermitra dengan google. Bukan hanya sekedar dari sekedar penolakan, android juga sering diremehkan oleh para pesainnya. Sebut saja Microsoft dan raksasa ponsel saat itu, yah ia Nokia.

Bahkan, petinggi nokia yang menganggap tidak mungkin hal tersebut, Android katanya diibaratkan seperti seorang anak laki-laki yang sedang dalam proses belajar buang air kecil agar badanya itu hangat ketika musim dingin.

Wah, komentar yang sangat meremehkan. Bahkan, banyak yang menganggapnya hanya proyek jangka pendek saja. Ohh ternyata tidak ada kata mundur.

Namun sangat disayangkan, karena produk ini tidak lah begitu populer, dan tentu tak langsung bisa diterima oleh masyarakat. Andy Rubin bersama tim berbenah, mereka mecari apa yang kurang, lalu memperbaiki bug-bug yang mengganggu.

Hingga akhirnya, OS Andorid kemudian banyak memiliki peminat dan vendor papan atas, kita sebut saja Samsung, Motorola, HTC dan Sony dan menggeser iphone, windows, dan semacamnya yang merajalela saat itu.

Vendor yang mengembangkan android, kini semakin baik dan tentunya disegani. Ialah yang lambat berinovasi, maka akan jatuh, bahkan matisuri, sebut saja windows phone, nokia symbian dan blackberry yang satu per satu mulai hilang dari peredaran.

Perusahaan ini terus berinovasi, namun sayang pada tahun 2013, kebersamaan antara Android dan pendirinya, Pak Andy Rubin harus berakhir

Karena, dia mundur dan memilih mencari tantangan baru dengan membangun Esential Inc di awal tahun 2014.

Sampai dengan hari ini andorid telah mengeluarkan 10 versi sejak dirilis pertama kali pada tahun 2008 dan di 2021 dengan android 11.

android sejarah android google android andy rubin

Related

Latest Posts: